Halaman

13 Jul 2010

Membuat & Verifikasi PayPal

PayPal.inc
PayPal Inc. Perusahaan yang bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat ini adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain.

Dilihat secara garis besar, PayPal merupakan Perantara antara Real (Nyata) Akun Bank yang kita miliki dengan Akun kita yang ada di jaringan (Internet). Jadi dengan memiliki akun Paypal, kita bisa melakukan sebuah transaksi, baik jual-beli / transfer dana secara "global" melalui internet dengan metode yang mudah, sederhana, dan pastinya lebih aman. Mengapa? sebab kita takkan lagi direpotkan dengan berbagai macam metode pengiriman & pembayaran dana yang merepotkan (ribet). Terlebih internet adalah ibarat sesuatu yang tak tampak, sehingga memungkinkan orang tertentu menyalah-gunakannya untuk suatu tindakan kejahatan. Apalagi jika memang transaksi tersebut memiliki jangkauan yang luas. Bisa saja...

Saat kita akan melakukan sebuah transaksi di internet, maka PayPal akan memudahkan kegiatan kita dengan menjadi perantara kita baik sebagai pembeli & penjual yang ada di internet secara global (luas). Saat akan membayar sesuatu, begitu juga jika akan dikirim sejumlah dana dari pihak lain dari internet.

Umumnya dana yang kita terima akan berupa dana virtual yang sah sesuai dengan jumlah yang sudah disepakati sebelumnya (antar penjual & pembeli). Meskipun dalam bentuk virtual, dana tersebut bisa kita cairkan ke akun Bank yang kita miliki nantinya. Dikarenakan sifatnya yang global, biasanya nilai yang ditetapkan dalam mata uang asing (dollar $) dengan kurs berbeda yang dimiliki dari masing-masing negara.

Dari penjelasan diatas, dapat sedikit disimpulkan bahwa Paypal adalah "Bank Virtual" di jaringan internet, seperti layaknya seperti Bank pada umumnya. Di dunia nyata kita bisa menabung di Bank lokal, Di internet kita bisa menabung di PayPal. Tak perlu khawatir dan takut akan hilangnya dana kita di PayPal sebab PayPal menjamin keamanan dan keberadaan dana tersebut. Dengan catatan bahwa para member bisa menjaga kerahasiaan user id & password yang dimiliki masing-masing individu dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab serta dapat dengan bijak menggunakannya.

PayPal tidak akan bertanggung jawab dan mentolelir nantinya apabila kerahasiaan itu diketahui oleh pihak lain yang mengakibatkan hilangnya sejumlah dana yang ada di PayPal. Jadi, semua itu kembali pada diri kita. Dengan tidak dengan mudah memberikan informasi mengenai user id & password pada sites yang mencurigakan / tidak terpercaya. Dengan demikian kita bisa menghindari ini dengan cara menggunakan atau membuat user id / password yang berbeda untuk setiap membuat akun baru penting kita & usahakan untuk menggunakan dalam satu komputer / jaringan yang sama dalam 1 IP.


REGISTRASI (Pendaftaran)

Ketikkan https://www.paypal.com/id atau lebih singkatnya www.paypal.com maupun cara singkat dengan cukup mengetikkan "paypal" (huruf kecil) pada address bar lalu tekan CTRL+Enter pada keyboard. Penulisan pada kolom addres bar untuk menghindari adanya "phishing".
Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka (seperti kata sandi dan kartu kredit) dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna. sumber:wikipedia
Jadi pastikan alamat diatas benar. Sebab bisa saja ada orang yang berusaha untuk mendapatkan user id dan password yang kita punya dengan menyamar seperti website aslinya. Untuk itu biasakan untuk selalu mengetikkan alamat web apapun pada kolom address bar yang ada di atas web browsher yang biasa kamu pakai (mozilla, opera, chrome dll).

Setelah berhasil membuka PayPal, kita akan disuguhkan halaman awal (home) PayPal. Setelah itu kita dapat memilih negara dan bahasa yang akan kita gunakan. Namun alangkah baiknya tidak merubah settingan awal dengan menggunakan Bahasa Inggris. Akan sedikit memusingkan namun hal ini akan mempermudah jika ada transaksi yang diperlukan website tertentu. Nilai plusnya adalah tentu saja kamu akan lebih banyak belajar kosakata baru dan mengelola bahasa asing dengan baik. Jika memang merasa kesulitan, kamu bisa merubahnya sejenak untuk memahami content yang ada di PayPal tersebut lalu kembalikan seperti semula.

Untuk memulai, di sebelah kiri terdapat kolom masuk ke Akun PayPal (untuk yang sudah memiliki Akun). Jika belum, di bawah kolom tersebut terdapat teks "New to PayPal" lalu klik tombol "Sign up".



Setelah tombol sign up, kamu akan dibawa menuju 3 pilihan tipe akun yang harus kamu pilih. Tipe akun tersebut yaitu :
  • Personal (pribadi), untuk membayar transaksi secara satu arah, tidak bisa menerima dana dari orang lain.
  • Premier (primer), untuk transaksi bisnis dua arah. Dengan jenis account ini kamu akan bisa membayar, dan juga menerima dana PayPal dari orang lain. Selain itu, dana PayPal yang masuk ke kamu, bisa dicairkan ke bank lokal dengan akun primer ini. Primer hanya memiliki 1 login, bersifat perseorangan.
  • Business (bisnis), akun ini sama dengan primer, tapi memiliki kelebihan yaitu login usernya bisa lebih dari 1 orang. Biasanya akun bisnis ini dipakai dalam perusahaan yang memiliki beberapa orang. Setelah mengetahui fungsi dari setiap tipe tersebut, maka yang akan kamu pilih adalah yang dapat mendukung kebutuhan serta kepentingan kamu.
Dalam hal ini tipe Premier dan Business adalah yang lebih pas, sebab tipe-tipe tersebut bisa melakukan transaksi 2 arah. Sebab kamu tak hanya bisa membayar, tapi juga menerima dana dari pihak lain. Sekarang, apakah kamu adalah seorang yang memimpin sebuah perusahaan atau komunitas? atau jika hanya diri kamu sendiri yang menjadi pemegang dibalik akun tersebut, maka alangkah baiknya jika tipe yang kamu pilih adalah tipe Premier. Klik tombol "get started" untuk pilihan Premier.



[Klik gambar untuk memperbesar]


Setelah itu akan terbuka sebuah halaman yang menyediakan form pendaftaran yang harus kamu isi.



[Klik gambar untuk memperbesar]


Penting!
Pastikan kebenaran data yang akan diisi sebab PayPal tidak akan bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat oleh user apabila nantinya data tersebut tidak benar.
1. Pertama adalah mengisi alamat e-mail pada kolom E-mail Address.

Alamat email ini adalah alamat e-mail yang valid atau tidak mengada-ngada. Nantinya jika terdapat sebuah transaksi / info penting lainnya akan dilaporkan melalui e-mail kamu tersebut. Dengan alamat email tersebut juga, kamu akan menggunakannya sebagai userID untuk masuk ke akun PayPal. Penting : sangat baik apabila email kamu yang berekstensi ".com" (dot com).

2. Selanjutnya, yaitu dengan membuat sebuah password baru untuk akun PayPal.
Usahakan agar antara password PayPal ini dengan E-mail kamu berbeda satu sama lain. Tipsnya: agar password tidak lupa yaitu dengan menambah (bukan mengurangi) atau merubah beberapa karakter dari password utama kamu. Sebab karakter yang dibutuhkan adalah 8 karakter atau lebih. Sesuaikan dengan kreativitas yang kamu punya, asalkan password tersebut tidak mudah ditebak oleh orang lain.


3. Ketikkan kembali password baru tersebut sekali pada kolom "Re-enter password"

4. Isikan nama kamu,
First untuk nama pertama kamu, Middle untuk nama tengah, dan Last untuk nama terakhir. Jika tidak ada nama tengah dan terdapat 2 kata, kamu bisa isikan di pertama dan terakhir. Usahakan nama harus sesuai dengan pada nama di akun Bank lokal yang kamu punya. Jika tidak sesuai, maka PayPal akan membebankan biaya saat kamu melakukan Penarikan Dana (withdraw).

5. Ketikkan tanggal lahir.
MM = untuk bulan, DD = untuk hari, YYYY = untuk tahun. Contoh: 12 / 31 / 1990 untuk 31 Desember 1990.

6. Pilih Indonesia untuk negara / Nationality.

7. Isi alamat dengan nama jalan / desa / dusun
8. Untuk Address line 1 isikan dengan nama Jalan atau Desa / Dusun
Untuk Address line 2 dapat dikosongkan

9. Isikan nama Kota dengan kota asal tempat kamu berada pada kotak City

10. Isi nama Provinsi tempat kamu berada pada State / Province / RegionaI

11. Isi kode pos pada kotak Postal Code.

12. Lalu terakhir adalah dengan membubuhkan nomor telepon yang bisa dihubungi dan tuliskan beserta kode telepon kamu tanpa spasi.

13. Lalu Klik "Agree and Create Account" untuk mulai membuat rekening PayPal kamu.
Dengan mengklik tombol tersebut maka kamu telah bersedia dan setuju dengan kesepakatan penggunaan akun PayPal tersebut dan
selesai.


VERIFIED (Verifikasi Akun)

Setelah selesai membuat akun, sebelumnya yang harus dilakukan pertama kali adalah mengkonfirmasikan alamat email. Hal ini dimaksudkan agar alamat email yang kamu punya ada dan valid (tidak mengada-ngada) juga untuk mengaktifkan akun PayPal kamu. Ikuti langkah berikut.

1. Klik menu Profil lalu pilih Edit/Add Email


2. Pada pilihan email yang tersedia klik tombol Confirm, maka akan ada surat dari PayPal ke email kamu


3. Ceck email masuk kamu, lalu buka surat yang berjudul "Activate your PayPal account"



[Klik gambar untuk memperbesar]

4. Setelah terbuka lalu klik "Click to activate your account"



5. Maka kamu akan dibawa ke situs PayPal kembali untuk mengkonfirmasikan kembali password untuk masuk ke PayPal dengan cara mengetikkannya kembali.



Nah, sekarang kamu telah berhasil mengaktifkan akun PayPal, tapi... status kamu belum terverifikasi (Unverified) dengan kata lain kamu belum bisa mencairkan (witdraw) dana PayPal ke Bank Lokal ataupun melakukan bertransaksi di internet. Sebab, PayPal akan membatasi sejumlah dana saat akan withdraw. Untuk itu segera buat agar akun mu berstatus "verified", dengan demikian predikat kamu di PayPal akan lebih baik daripada "unverified".


Ada 3 cara mudah untuk verifikasi PayPal:

Dengan Kartu Credit (Credit Card)
Pertama-tama jika kamu memiliki kartu kredit atas nama pemegang rekening Paypal kemudian masukkan nomor kartu kredit ke account PayPal kamu (Tambahkan kartu kredit) dan kamu pun akan dikenakan biaya $ 1,95 dari PayPal untuk memverifikasi keberadaan & kebenaran data kartu kredit atas nama kamu. Paypal akan mengembalikan uang tersebut ke rekening Paypal dalam waktu 24 jam setelah kamu mengkonfirmasi kartu.

1. Klik menu "Link and confirm my debit or credit card"


2. Pilih jenis kartu lalu isi nomor kartu kredit dengan benar beserta tanggal daluarsa kartu tersebut.


3. Security code. Isikan dengan 3 digit terakhir dibelakan kartu kredit kamu


4. Setelah selesai klik Continue

Melalui VCC (Virtual Credit Card)
Tidak punya kartu kredit apapun atau kartu debit..? Ini bisa jadi alternatif untuk memverifikasi akun Paypal kamu. Maka kamu bisa menggunakan Kartu Kredit Virtual yang juga dikenal sebagai Kartu Kredit Paypal. VCC ini - (kartu kredit Virtual) akan membantumu untuk membuka batas pengiriman uang dan melakukan verifikasi PayPal beberapa jam tanpa perlu kartu kredit!

Namun menggunakan VCC ini berarti kamu akan menggunakan jasa Pihak ke-3 untuk mengaktifkan status PayPal kamu menjadi "verified". Secara otomatis kamu juga akan membayar mereka sebagai imbalan verifikasi tersebut. Banyak situs-situs yang menyediakan jasa VCC dengan tarif yang berbeda-beda. Hanya saja masalah keamanan tetap saja diutamakan. Apakah jasa mereka terpercaya? ingat! tetap waspada dan jangan gegabah dalam membeli sesuatu di internet, jika tidak kamu akan tertipu dan bahkan sejumlah uang kamu akan hilang dan lebih parahnya akun lain kamu pun ikut raib.

Jika kamu ragu, kamu bisa cari tau sendiri dan googling mengenai "VCC Indonesia". Kebetulan untuk sekarang VCC sudah dapat terjangkau untuk kamu yang memang akan serius menekuni bisnis ini. Disamping itu, pengaplikasian VCC pun kini sangat mudah dan cepat, dan terkadang tak akan menghabiskan waktu hingga 1 hari. Ataupun kamu juga bisa mencoba jasa penyedia VCC dari Indonesia, untuk lebih jelasnya klik disini.

atau bisa juga klik banner dibawah:

Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesia

Melalui Bank Lokal Indonesia
Kabar gembiranya... saat ini PayPal sudah membolehkan kita untuk melakukan verifikasi menggunakan account Bank lokal kita di Indonesia. Tampaknya semua bank yang ada bisa diterima dengan baik. Terakhir yaitu gratis...
Login ke PayPal, perhatikan link Unverified yang selalu tampil apabila account Paypal kamu belum diverifikasi. Abaikan dulu hal tersebut karena yang harus kamu lakukan adalah menambahkan Data Bank kamu ke Paypal.

1. Klik menu Profile - Add/Edit Bank Account



2. Klik tombol Add, lalu isikan data Kamu

Catatan: Pada gambar di atas ada nama yang ditutup dengan warna kuning, sebetulnya itu sudah terisi dengan nama lengkap Anda (nama depan dan belakang), jadi Anda tidak usah menuliskannya kembali.

3. Pastikan pahami kembali kode bank yang terdiri dari 7 (tujuh) digit angka, dimana 3 angka awal adalah kode bank sedangkan 4 digit berikutnya ada kode kliring/cabang bank.

Kode Bank


Kode Kliring Bank (Kode Cabang)
Untuk kode cabang ini berbeda-beda setiap bank. Untuk Bank BCA bisa dilihat disini
Pada menu Network pilih "Cabang BCA", selanjutnya pilih langsung pada menu Kota dan sesuaikan dengan Kota kamu lalu klik tombol "Cari".

Untuk 4 kode bank lain kamu dapat berkonsultasi dengan pihak Bank masing-masing dengan cara menanyakan kepada Petugas Bank tersebut tentang 4 Kode Cabang Bank kamu.

4. Klik tombol Continue jika sudah yakin benar, sebuah email akan masuk ke email kamu dari PayPal, memberitahukan bahwa sebuah account bank lokal kamu telah ditambahkan.

5. PayPal akan mengirim kamu 2 (dua) kali transfer sejumlah uang ke rekening kamu dalam jangka waktu 1-3 hari kerja. Tapi jangan senang dulu, karena jumlah uang yang dikirimkan sangat kecil, yaitu hanya beberapa digit (dibawah 100 rupiah). Pada saat saya melakukan verfikasi ini, Paypal mengirimkan uang Rp. 5,- dan Rp. 8,- ke rekening saya. Angka tersebut akan kita perlukan saat melakukan verifikasi.

6. Cek transaksi bank kamu (di tabungan kamu), atau akses via Internet Banking jika bisa akan lebih nyaman ketimbang mengantri untuk mencetak transferan 1-2 digit.

7. Login ke PayPal, lalu Klik kembali "get verified" /link Unverified. Maka kamu akan dihadapkan pada sebuah halaman seperti gambar berikut ini:



8. Klik menu "Confirm bank Account"

9. Masukkan data sejumlah uang dari PayPal yang masuk rekening kamu (ingat kembali kiriman uang dari Paypal yang 2 kali)

6. Selamat! kamu telah berhasil melakukan verifikasi, mudah dan cepat bahkan dapat duit dari Paypal.

Semoga dengan adanya tulisan ini tidak ada lagi kendala buat untuk memanfaatkan Paypal sebagai alat pembayaran dan penerimaan uang via Internet. Setelah verifikasi sukses, kamu yang terutama menerima pembayaran via PayPal maka sudah bisa melakukan penarikan dana langsung ke rekening kamu di bank lokal Indonesia.

UPDATE :
Mulai bulan April 2010 PayPal menghentikan layanan verifikasi via rekening Bank lokal. Untuk sementara memverifikasi akun dapat dengan menggunakan kartu kredit & sebagai alternatif menggunakan jasa VCC dari pihak ke 3.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar